Laman

Minggu, 11 September 2016

Mengapa Pantai Teluk Jagung Menjadi Pantai Risalo ?

Salam bersatu selamanya!!!
Akhir-akhir ini banyak yang bertanya dimana itu Pantai Risalo padahal sudah pernah berkunjung dan mengapa dirubah apa tujuannya ? Jadi begini bos penjelasannya :
           Desa Gosong Panjang asli namanya ialah "Gusung Panjang", namun sekitar 10 tahun terakhir semua data-data baru menggunakan nama Gosong Panjang itu tanpa ada sosialisasi secara resmi dari pihak terkait kenapa dirubah. Berbicara nama terdahulu pengertian "Gusung" adalah bagian pasir yang nampak memanjang keluar dari bibir pantai ketika air surut karena itu dinamakan Gusung (dalam bahasa suku mandar) Panjang namun ada kekeliruan yang dibiarkan tanpa ada klarifikasi aparat dan warga saat itu sehingga seterusnya digunakan hingga sekarang.  Kemudian Teluk Jagung adalah nama bagian wilayah kecil dari Desa Gosong Panjang (bukan nama induk desa), Kemudian dari Teluk Jagung ada wilayah masuk dermaga nelayan Desa Gosong Panjang (Mulai dari portal itu) dan menuju pantai yang sering dikunjungi orang tersebut namanya "SALO" walaupun kedua nama wilayah ini secara administrasi tidak ada,  imbuhan "Ri" (bahasa mandar) yang ditambahi = Di (bahasa Indonesianya) jadi Risalo = Disalo, Pantai Risalo = Pantai Disalo (dalam bahasa indonesianya). Hal ini banyak yang tidak tahu apalagi warga luar desa mengatakan pantai teluk jagung.
            Pemerintah baru Kabupaten Kotabaru  pariwisata akan menjadi bagian program prioritas karena melihat potensi wilayah dan terbukti banyak membuka peluang pendapatan warga setempat, diantaranya yang men-drive adalah, munculnya penginapan/perhotelan, warung penjualan kuliner, pembuatan cindera mata, oleh-oleh, dan UKM-UKM lainnya nanti, dll. Kemudian masalah pengembangan ke depan nama itu sangat menentukan di pasaran, Pantai Risalo lebih menjual keluar jika dibandingkan dengan Pantai Teluk Jagung, kemudian didukung dengan advertising dan selling-nya.